Wednesday, September 2, 2009

Julian Plenti - Skyscraper



"Bebas Lepas Seorang Vokalis"

Track List :

    1 - Only If You Run
    2 - Fun That We Have
    3 - Skyscraper
    4 - Games For Days
    5 - Madrid Song
    6 - No Chance Of Survival
    7 - Unwind
    8 - Girl On The Sporting News
    9 - On The Esplanade
    10 - Fly As You Might
    11 - H

Paul Banks mengeluarkan sebuah album solo yang berjudul Skycraper. Setelah mendengarkan kesuluruhan album ini, yang terbayang di dalam kepala saya adalah Interpol dengan album barunya dengan musik yang berbeda. Memang Paul menciptakan lagu-lagu barunya dengan ramuan musik yang "bebas lepas". Sangat susah menurut saya mempunyai vokal yang catchy lalu memulai debut album solo. Hal yang terjadi juga di Indonesia yaitu Achmad Albar dengan God Bless, Gong 2000, dan proyek solonya. Meskipun yang sedang di dengarkan adalah lagu solonya, orang-orang pasti bilang ini God Bless. Bagaimana Paul meramu proyek solonya?

Pada track pertama berjudul "Only If You Run". Nuansa dark Interpol sangat terasa ditambah suara bass yang mengingatkan kita akan petikkan Carlos Dengler, bassis Interpol. Vokal yang dibalut dengan reverb yang menvisualisasikan Paul bernyanyi dengan mata terpejam. Pada track kedua lumayan menginovasi sound sebelumnya. Nuansa dark dengan noise dan techno yang berjudul "Fun That We Have". Nuansa akustik manis disuguhkan di track ketiga yang berjudul "Skyscraper" dibantu suara dari strings dan piano. Vokal yang minim lirik dan bernuansa mistik. Track yang dijadikan single awal bernuansa The Killers yaitu "Game For Days" yang mempunyai intro yang menarik dan menghentak. Memang sangat pas untuk dijadikan sebuah single. Permainan synthesizer pada track "Unwind" sangat pas dibalut dengan bunyi terompet yang membuat suasana menjadi march, paduan musik dan lirik yang minimalis. Track ini mungkin yang membuat Paul adalah Julian, bukan Interpol.

Beberapa lagu di album ini ada yang diciptakan oleh Paul 10 tahun yang lalu dimana dia menggemari Hip-Hop, Grunge, dan Classic Rock. Dari pembelajaran tersebut dia mengeluarkan album ini dan hasilnya tidak mengecewakan bagi saya. Mudah-mudahan terjadi juga pada Rob Thomas dan Julian Casablanca.

No comments: