Tuesday, October 13, 2009

Editors - In This Light and On This Evening...




Pembuktian Pada Perubahan

Para musisi berpendapat bahwa album ketiga adalah pembuktian. Pembuktian bahwa mereka masih bisa berkembang dan bertahan. Tom Smith, Chris Urbanowich, Russel Leetch, Edward Lay, membuktikan bahwa mereka masih bisa bertahan pada album ke tiga mereka dengan perubahan pada sound tertentu. Mereka kali ini lebih memakai perangkat-perangkat dan beat elektronik. Single baru mereka yang berjudul "Papillon" telah di remix oleh Tiesto. Single mereka ini terdengar lebih The Killers pada album terakhir mereka dimana bunyi-bunyian drum machine dan synth mendominasi hampir setiap lagu padahal album-album sebelumnya mereka terdengar lebih "nge-band" dengan beraliran New Post-Punk seperti campuran Joy Division, Interpol, atau Echo & The Bunnymen. Namun, di album ini mereka ingin terdengar lebih dark. Mungkin hal ini juga yang nantinya akan mengisi soundtrack pada film trilogy Twilight : New Moon.
Track pertama sama seperti nama album mereka, In This Light and On This Evening. Intro dibuka hanya dengan loop dari synth dan pada pertengahan lagu disambut oleh drum dan keyboard yang terdengar lebih rough. Pitch pada vokal ini sangat berat mungkin untuk menginformasikan bahwa mereka ingin dikatakan dark. Track kedua tidak berbeda jauh dengan track yang pertama, hanya bunyi bass disini lebih mendominasi. Musik yang simple dengan efek yang minim dan simple. Berikutnya adalah single track yang berjudul "Papillon". Track single yang dibuat remixnya oleh Tiesto. Beat dance pada awal lagu yang sangat bersemangat seperti ingin membakar lantai dansa. Loop yang monoton dan sangat cocok untuk dijadikan sebuah single. Perubahan pada musik ini mungkin juga di pengaruhi ole Mark 'Flood' Elis yang pernah juga memproduseri band-band lawas seperti Depeche Mode, The Sound, dan The Killers.
Untuk sebuah perubahan, Editors melakukannya dengan sangat baik. Hanya ada kekurangan yang menurut saya banyak terjadi pada band-band lain yaitu semua track terdengar monoton. Toh, band ini sudah membuktikan bahwa mereka masih bisa bertahan dan mungkin saja album ketiga ini adalah titik awal perubahan siklus perjalanan mereka.

http://rapidshare.com/files/291478763/678.rar

No comments: