Friday, September 18, 2009

JET - "Shaka Rock"



Masih Berusaha...

Tracklist:

01. K.I.A. (Killed In Action)
02. Beat On Repeat
03. She’s A Genius
04. Black Hearts (On Fire)
05. Seventeen
06. La Di Da
07. Goodbye Hollywood
08. Walk
09. Times Like This
10. Let Me Out
11. Start the Show
12. She Holds a Grudge

SHAKA ROCK adalah album ketiga dari band asal Australia, JET. Materi-materi album ini sebenarnya sudah mulai di bahas pada tahun 2008, tapi dikarenakan banyaknya tur, proses album ini sempta terhambat. Album ini direkam di NY tepatnya di Atlantic Sound Studios.

Terus terang, saya hanya merasakan sedikit perubahan pada album ketiga ini. Kedengarannya mereka tidak berani keluar dari jalur Rock N Roll tetapi ketika saya mendengarkan The Rolling Stones, Wolf Mother, atau pun band lokal The Sigit, mereka bisa bertindak seolah-olah diluar jalur. Sejak saya mendengarkan Jet dari album pertama yaitu Get Born, band ini mempunyai lirik yang bisa dibilang power ballad, rock n roll yang powerful tapi beragam karena disitu ada lagu Look What You’ve Done yang sempat merajai tangga-tanga lagu di chart billboard. Setelah itu, album kedua muncul tetapi tidak begitu booming, Shine On yang saya dengarkan malah sama sekali tidak ada perubahan.

Di album ketiga ini ada beberapa track yang bisa saya bilang mengalami perubahan. Single She’s A Genius memang sangat cocok untuk dijadikan single. Musiknya yang sangat menghentak di awali dengan petikkan bass yang tebal dengan drum agak mengarah ke post-punk era Joy Division. Track berikutnya adalah Black Hearts (on fire), track yang dengan beat yang menghentak agak ke new rave, mendengarkan intro awal dari pertengahan inilah yang bisa saya bilang perubahan pada Jet karena sudah berani memakai bunyi synthesizer walaupun tidak dominan dengan efek gitar klasik flanger. Pada track Beat On Repeat sepertinya mereka terinluence oleh The Clash. Irama tepuk tangan dengan bass yang serasa dimainkan dengan lompat-lompat dan gitar chorus yang hanya dibunyikan sekali-sekali tetapi vokal Nic sangat masuk dalam lagu ini. Sebuah lagu yang diramu dengan tepat. Saya pribadi sangat suka dengan track Walk. Intro yang diawali oleh piano dilanjutkan dengan distorsi dari bass tapi dengan beat yang tanggung tapi menghentak dan sangat rock n roll. Ditengah-tengah lagu, musik jadi melambat lalu masuk melodi dan kembali ke tempo awal. Sungguh track yang memukau kuping saya.

Jet seperti terlihat berusaha konsisten dengan musik yang diusungnya. Tetapi sikap ini seperti membuat mereka tidak berani keluar jalur. Tapi mereka berusaha mencobanya.

No comments: