Monday, October 5, 2009

MUSE - THE RESISTANCE



Ramuan Tepat!!

MUSE! beranggotakan Matt Bellamy (vokal, gitar, dan piano), Christopher Wolstenholme (bassis, backing vocal), dan Dominic Howard (drum, backing vocal) membuat album studio nya yang ke-5 setelah Black Holes and Revelations yang sebelumnya telah rilis pada 3 tahun yang lalu. Pada album ini, Matt lebih seperti membacakan puisi-puisi tentang kenegaraan dan pada musik album ini, Muse lebih terkonsep dengan teatrikal & tetap konsisten dengan basic musik klasiknya yang terbukti di 3 track pada album ini yaitu : "Exogenesis: Symphony Part 1 (Overture)", "Exogenesis: Symphony Part 2 (Cross-Pollination)", "Exogenesis Symphony Part 3 (Redemption)". Baru pada album ini mereka menamakan judul lagu mereka dengan "part". Suatu pemikiran yang hebat untuk melakukan sebuah inovasi. Single yang berjudul "Uprising" dirilis seminggu sebelum launching album ini dan langsung mendapat peringkat ketiga di "American Top Chart".

"Another promise, another scene,
Another packaged lie to keep us trapped in greed,
And all the green belts wrapped around our minds,
And endless red tape to keep the truth confined..."

Begitulah sekilas lirik dari mereka. Terdengar lebih ke arah revolusi untuk sebuah negara yang gampang termakan janji-janji. Pada single ini Wolstenholme lebih bermain dance-beat dengan teriakan "Hoiy!!!" pada bagian interlude. Sekilas kita mendengarkan lagu ini mengingatkan akan lagu Blondie "Call me...". Pada track kedua yang berjudul "Resistance", lagu ini terinspirasi dari sebuah roman cinta dahulu kala. Di lagu ini, terdapat komposisi musik yang dinamis dan harmonis padahal lagu ini sedikit bercerita tentang kisah percintaan. Backing vocal yang membuat semangat dan monoton "It could be wrong... It could be wrong...". Pada album Black Holes and Revelation, Muse membuat sebuah lagu yang berjudul "Knights Of Cydonia" sedangkan di album ini terdapat lagu yang bisa dijadikan sekuel nya yaitu "United Of Eurasia" yang mengingatkan kita pada band Queen era "Bohemian Rhapsody", "We Are The Champion", dan "Mustapha" dengan sedikit outtro dari komponis legedaris Chopin.

Overall, pada album ini Muse masih berinteraksi dengan synthesizer & piano klasiknya karena latar belakang musik dari Matt sendiri adalah klasik. Pada era-era awal muncul mungkin yang terlintas dalam benak pendengarnya adalah Nirvana + Radiohead. Tetapi di album ini, Muse bisa membuktikan bahwa musik klasik bisa juga berbaur dengan Brit-Rock bila diramunya dengan tepat!!!

bisa di download di....

http://rapidshare.com/files/288872809/The_Resistance.rar

No comments: